Menghitung Masa Subur

Ovarium setiap wanita bekerja seperti jam, telur akan pecah dari ovarium (ovulasi) sekitar dua minggu sebelum awal siklus menstruasi berikutnya. Waktu ovulasi adalah waktu paling subur seorang wanita. Oleh karena itu, seorang wanita dapat hamil dengan berhubungan seks tanpa kondom hingga lima hari sebelum ovulasi. Sperma seorang pria dapat bertahan dalam tubuh wanita selama 3 sampai 5 hari, sperma akan beretemu dengan sel telur dan menunggu untuk kemudian membuahi sel telur selama masa ovulasi.
Namun, penting untuk mengetahui bahwa rumus di atas hanya berlaku bagi wanita dengan lama siklus adalah dua puluh delapan hari. Oleh karena itu, menebak berapa lama periode biasanya dilakukan dengan cara menghitung mundur selama empat belas hari bukanlah metode yang efektif.

Jika Anda mencoba untuk mencari tahu persis kapan anda mengalami ovulasi, Anda harus melakukan perhatian khusus dan ekstra. Proses yang lumayan banyak seperti menghitung hari, mengamati lendir serviks, melakukan pengukuran suhu tubuh setiap hari dengan termometer basal, catat semua faktor tersebut. Metode ini memerlukan banyak waktu dan energi.

Penting untuk diingat bahwa satu-satunya cara efektif untuk menghindari kehamilan adalah dengan tidak melakukan hubungan seks. Tapi jika Anda aktif melakukan seksual dan tidak belum menginginkan kehamilan, hal  terbaik adalah untuk menggunakan kontrasepsi.

Beberapa wanita mungkin mengenali tanda-tanda bahwa mereka sedang berovulasi, seperti:
  •     nyeri payudara
  •     sakit perut
  •     perdarahan vagina sedikit
  •     perubahan cairan vagina sehingga mereka menjadi lebih tipis dan lebih elastis
  •     peningkatan gairah seksual
Bagaimana saya bisa tahu ketika saya sedang berovulasi?Beberapa wanita memilih untuk membeli alat prediksi ovulasi, yang menguji tingkat suhu atau hormon Anda sehingga dapat diketahui kapan Anda sedang berovulasi. Jika  tanda-tanda ovulasi atau menstruasi Anda tidak teratur, sebaiknya anda menghubungi dokter.

Anda dapat menghitung masa subur dengan kalkulator, klik link berikut untuk melihatnya
Ovulation Calculator

Artikel lainnya:

0 comments :

 
BSKIEN Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template