Komputer restart sendiri

Komputer atau laptop anda tiba-tiba restart atau bahkan mati ketika sedang browsing, main game, mengetik atau lainnya.

Banyak sekali penyebab munculnya masalah tersebut, mulai dari masalah hardware, software atau bahkan virus. Untuk bahasan kali ini kita akan membahas permasalahan tersebut yang disebabkan karena VGA / GPU yang saya miliki bermasalah.

Permasalahan tersebut diketahui karena sesaat setelah komputer dihidupkan kembali muncul pesan dari windows 7 seperti gambar berikut :



Jika kita lihat dengan mengklik "View problem detail" makan informasi lebih spesifik dapat kita ketahui seperti pada gambar berikut:

Dari keterangan gambar diatas didapat informasi bahwa problem event name adalah BlueScreen dengan additional information BCCode : 116
Hasil dari pencarian di google untuk keyword BCCode 116 didapat bawha kode tersebut mengarah pada pengaturan grafis. Sudah banyak solusi yang saya lakukan untuk mengatasi masalh bluescreen ini. Namun hasilnya tetap nihil, dan pada akhirnya saya bongkar PC dan memeriksa VGA Card GeForce GT 545 saya dan ternyata fan VGA / GPU card saya tidak berputar

Setelah memastikan bahwa fan VGA card saya tidak bermasalah, maka saya berusaha mencari solusi untuk dapat mengatur perputaran fan VGA saya tersebut. Setalah googling saya mendapatkan sebuah software bernama MSI Afterburner.

Setelah aplikasi ini selesai diintall,dapat diketahui bahwa temperatur GPU saya sangat tinggi



Untuk mengurangi temperatur, saya setting Fan Speed menjadi 100% dan masalh yang selama ini  datang, berhasil diselesaikan.

Artikel lainnya:

 
BSKIEN Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template